1.
Cost Reduction
Dengan
sistem yang online perusahaan akan lebih menghemat biaya pengeluaranya sebab
perusahaan tidak perlu mengeluarkan biaya-biaya yang berhubungan untuk membeli
kertas dan tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pencetakan laporan, dan biaya
pos surat untuk mengirimkan surat. Contohnya : yang sebelumnya perusahaan
membuat laporan harus dicetak keluar dan dengan online perusahaan hanya perlu
mengirimkan laporan mereka menggunakan email dan hal tersebut tentu akan sangat
menghemat waktu dan biaya bagi perusahaan dan apalagi jika perusahaan yang
memiliki banyak anak cabang perusahaan, dengan online maka akan lebih banyak
menghemat biaya pengeluaran.
2.
New Capability
Dengan
online kita akan mendapat banyak kemampuan baru, saya bagi menjadi dua yaitu
kemampuan baru bagi konsumen dan kemampuan baru bagi perusahaan, bagi konsumen
kemampuan baru yang akan didapat adalah akan meningkatnya daya beli sebab ragam
dan jenis barang yang ditawarkan di internet akan lebih banyak serta ketersediaan
informasi yang luas dimana konsumen bisa secara bebas membandingkan produk dari
setiap perusahaan dan memilih barang mana yang menurut mereka cocok. Dan kemampuan
baru pada perusahaan contohnya itu seperti kemampuan baru dalam melakukan riset
pasar secara lebih baik dan akurat, komunikasi untuk melayani pelanggan dan
menjangkau pelanggan yang jauh, serta kemampuan perusahaan untuk memproduksi
produk yang didesain secara pribadi berkat kemajuan dalam teknologi.
3.
Communication
Dengan
online kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang, baik itu teman kita,
klien kita dan bahkan rekan bisnis kita. Sebab banyak sekali alat yang bisa
kita gunakan diinternet, baik itu chatting menggunakan yahoo messenger dan bisa
berkomunikasi melalui email, ataupun jejaring sosial lainnya dan menggunakan
online kita bisa berkomunikasi kapan saja dan dimana saja hal tersebut secara
otomatis akan lebih memudahkan para pengguna. Contohnya: bagi perusahaan yang
memiliki banyak cabang disetiap daerah dengan komunikasi secara online maka
komunikasi akan berjalan lebih cepat dan pertukaran informasinya akan lebih
cepat serta akan lebih menghemat biaya sebab perusahaan tidak perlu lagi
berkomunikasi dengan telepon. Dan jika ada rapat maka perusahaan tidak perlu
mendatangkan para kepala cabang untuk rapat dikantor pusat, dengan online bisa
menggunakan video conferencing, dengan VC maka perusahaan akan jauh lebih
menghemat banyak biaya, yang tadinya harus mengeluarkan biaya untuk biaya tiket
pesawat dan penginapan untuk para kepala cabang, dan dengan menggunakan online
maka biaya tersebut tidak perlu dikeluarkan lagi.
4.
Customer Service
Customer
service adalah setiap kegiatan yang diperuntukan atau ditujukan untuk
memberikan kepuasan bagi pelanggan dengan pelayanan yang diberikan. Pelayanan yang
diberikan seperti menerima masukan atau keluhan dan masalah yang sedang
dihadapi oleh pelanggan. CS dengan online sangatlah membantu pelanggan kita
atau konsumen kita sebab dengan online konsumen tidak perlu repot-repot telepon
atau datang ke toko kita untuk meminta pertolongan jika ada masalah dengan
produk yang mereka beli dari kita. Dengan online juga konsumen bisa bebas
mengakses, baik itu waktu jam kerja maupun tidak dalam jam kerja dan hal ini
akan lebih memudahkan konsumen dan memberikan pelayanan yang baik bagi
konsumen. Contohnya: biasa waktu kita mengakses sebuah website biasanya
dibagian atas ada menu Help atau Service(layanan) disana biasanya terdapat
pertanyaan beserta jawabanya, pertanyaan yang ada disana biasa merupakan
pertanyaan yang paling sering atau banyak ditanyakan oleh konsumen lainnya, dan
jika tidak ada yang sama dengan masalah yang kita hadapi biasanya ada layanan
lain seperti chatting langsung dengan CS.
5.
Control
Control
dengan online menurut saya ada 2 hal, yakni dapat mengcontrol pasar dan
mengcontrol perusahaan cabang mereka. Dengan online kita dapat melihat atau
mengcontrol pasar misalnya seperti kita bisa melihat tren atau barang yang
seperti apa yang sedang menjadi tren di masyarakat serta bisa melihat barang
seperti apa sih yang dicari orang-orang saat ini, dan mengcontrol perusahaan
cabang contohnya yang saya ketahui sebuah optic yang dimana perusahaan pusatnya
ada di Jakarta dan optic cabang mereka yang ada di berbagai daerah hanya dicontrol
dipusat dimana dicabang mereka tidak ada kepala cabang atau seorang yang
memimpin, mereka mengontrol semuanya dengan secara online dimana dengan bantuan
cctv dan absen, mereka bisa mengontrol apakah pegawai mereka bekerja dengan
baik atau tidak dan dimana pegawai mereka diwajibkan absen beberapa jam sekali.
6.
Competitive Advantage
Dengan
online kita bisa mencapai keuntungan kompetitif yakni jika dengan online kita
bisa mencapai biaya yang paling efisien pada setiap proses bisnis dan kita juga
bisa menghasilkan kualitas barang sesuai dengan pelanggan, dan keakraban dengan
pelanggan juga bisa meningkatkan keuntungan kompetitif sebab dengan online kita
dapat memahami apa yang dibutuhkan atau yang diharapkan pelanggan melebihi
rata-rata kompetitor kita yang tidak menggunakan online dan kemudian dengan
online kita akan lebih dapat banyak ide untuk mengembangkan produk atau layanan
kita agar lebih inovatif dan terdepan. Contoh misalnya perusahaan mobil, dengan
online mereka menciptakan sebuah permainan dimana pengguna bebas memodifikasi
mobil mereka sesuai dengan keinginan mereka dan dengan hal tersebut otomatis
perusahaan akan mendapatkan informasi bahwa mobil yang banyak diinginkan oleh
orang itu yang seperti apa dan model mobil yang seperti apa hal ini akan sangat
membantu perusahaan untuk menciptakan mobil yang sesuai dengan keinginan orang
saat ini hal ini tentunya akan sangat membantu perusahaan mendapatkan inovasi
yang jauh lebih baik dibanding perusahaan mobil lain yang tidak menggunakan
online, contoh nyatanya adalah yang dilakukan oleh Toyota Scion.
Dari
keenam keuntungan diatas, jika saya seorang pemimpin perusahaan alasan saya
untuk menggunakan internet adalah yang keenam keuntungan kompetitif, sebab hal
ini sangat penting dimana kita bisa menghemat biaya pengeluaran kita dan kita
bisa memberikan pelayanan yang baik dan memuaskan pelanggan dengan menciptakan
kualitas barang yang sesuai dengan keinginan pelanggan kita, dan kita bisa
menciptakan sebuah produk yang lebih inovatif dan belum ada diperusahaan lain,
serta kita bisa menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan kita, sebab
pelanggan adalah segalanya bagi sebuah perusahaan besar maupun itu toko kecil
sekalipun.
Vroh gak ada kerugiannya nih . ?
BalasHapus