Selasa, 04 Juni 2013

Mobile Commerce Benefits

Mobile Commerce Benefits
1.      Ubiquity
Adalah dimana setiap Ponsel atau PDA para pengguna baik itu pengecer, konsumen dan lain sebagainya dapat mengakses aplikasi M-Commerce secara real time dan dimanapun mereka berada, yang mereka perlukan adalah koneksi internet diponsel mereka, dengan jaringan internet tersebut mereka bisa melakukan transaksi bisnis dimanapun mereka berada dengan mudah dan cepat. Contohnya misalnya ingin melakukan transfer uang, dengan m-commerce kita bisa melakukan transaksi transfer uang dimana saja dan kapan saja.

2.      Convenience
Dengan perangkat praktis melalui M-Commerce, kenyamanan sangatlah terjamin, sebab dimanapun kita berada jika ingin belanja maka hanya dengan beberapa klik pada perangkat mobile kita, tidak hanya berbelanja namun bisa juga melakukan transaksi perbankan dan mendownload file yang kita inginkan. Dengan M-Commerce ini jelas akan lebih mempermudah para penggunanya. Dan tentunya akan lebih menghemat biaya. Contohnya misalkan pengguna tersebut sedang tidak berada di kantor atau berada diluar kota, jika ada transaksi seperti mentransfer uang pembayaran maka ia tidak perlu harus kembali kekantor, dan hanya perlu melakukan transaksi melalui PDA mereka.

3.      Interactivity
Yaitu adanya interaksi antara penjual ataupun pembeli, sebab dengan adanya interaksi maka seorang penjual akan mengetahui barang atau benda apa sajakah yang diinginkan oleh pembeli tersebut. Contoh misalnya pada saat pembeli melakukan pendaftaran dan mengisikan data pribadi seperti hobi atau kesukaan mereka, dengan begitu hobi atau kesukaan pembeli tersebut penjual akan mendapatkan data atau informasi agar mereka bisa menawarkan barang yang sesuai dengan keinginan atau kesukaan pembeli.

4.      Personalization
Adalah dimana setiap perangkat bersifat pribadi atau lebih personal, dimana para pengguna akan mendapat informasi yang lebih bersifat personal. Contohnya seperti pada bank yaitu seperti melakukan pengecekan saldo atau melakukan transaksi dan lain sebagainya.

5.      Localization
Dimana dengan letak para pengguna yang berada diberbagai posisi M-Commerce mampu melokalisasi pengguna mereka, pada akhirnya hal ini memungkinkan untuk para perusahaan untuk menawarkan berbagai variasi tergantung pada lokasi dan layanan seperti perjalanan, hotel dan lain sebagainya. Contonya seperti google map atau google earth dimana kita bisa melihat posisi kita berada dan ada tempat umum apa saja yang berada didekat posisi kita berada saat ini seperti hotel terdekat atau rumah sakit terdekat.

Ø  Untuk menggunakan M-Commerce, saya mendapatkan ide yaitu membuat kampus kita dalam bentuk mobile yakni kita bisa melakukan registrasi melalui mobile, kemudian menyediakan informasi-informasi terkini, jadwal kuliah, jadwal ujian, pengumuman nilai, serta perkuliahan secara online melalui mobile, perkuliahan online ini agar dimana pada saat dosen berhalangan untuk hadir, atau berada diluar kota dengan mobile ia akan tetap bisa mengajar tanpa harus hadir dikelas.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar